Kamis, 15 April 2010

agama 7

NASRANI dan KRISTEN (bag.2)

Di edisi yang lalu kita membahas ”NASRANI dan KRISTEN” yang berakhir pada subtopik NASRANI, maka kali ini kita akan melanjutkan pada subtopik berikutnya yakni KRISTEN.

Apa Arti Kristen ?
Pengertian Kristen berasal dari kata "Kristos" dalam bahasa Yunani yang kemudian menjadi Kristus atau Juruselamat. Kristus adalah gelar yang diberikan kepada Yesus sebagai juruselamat oleh Paulus setelah sepeninggal Yesus.

Siapa Paulus itu ?
Paulus adalah seseorang yang hidup sezaman dengan Yesus. Paulus lahir di Tarsus. Paulus dalam bahasa Ibrani bernama Saulus. Ia menjadi murid seorang rabi bernama Gamaliel dan mempunyai teman bernama Barnabas.

Pada saat Yesus mulai berdakwah Paulus memusuhi Yesus dan murid-muridnya, tetapi Barnabas bergabung menjadi pengikut Yesus. Setelah Yesus mati disalib (menurut padangan Kristen ) Paulus menyatakan bertobat, kemudian ingin bergabung dengan murid-murid Yesus. Tetapi murid-murid Yesus keberatan terutama Yakobus dan Yohanes.

Barnabas membujuk murid-murid Yesus agar mau menerima Paulus. Tetapi kecurigaan murid-murid Yesus ternyata benar. Setelah Paulus bergabung tenyata dia memisahkan diri dengan membuat sekte Nasrani ( Kis 24:5 ) kemudian membuat ajaran baru yang beretentangan dengan ajaran Yesus, yang sekarang dikenal dengan sebutan Kristen.

Apa dasar-dasar ajaran Paulus ?
1. Dosa asal (waris ) ( Roma 5:12 )
2. Yesus Anak Allah ( Kisah rasul 9:20)
3. Allah menjelma menjadi manusia ( Yesus ) ( Yohanes 1:14)
4. Penyaliban Yesus ( 1Korintus 15:1-11)
5. Penebusan dosa oleh Yesus ( Kisahrasul 13:38)
6. Kebangkitan Yesus (1Korintus 15:35-58)
7. Yesus naik ke surga (Lukas 24:50)

Tujuh pokok ajaran Paulus tersebut disebut doktrin, yang sekarang menjadi pegangan gereja yang tidak bisa dipikir dengan nalar tetapi diyakini dalam hati.

Apa yang diajarkan Paulus kemudian ?
Paulus membuat ajaran baru yang bertentangan dengan ajaran Yesus antara lain :

1. Yesus adalah Allah (Roma 9:5; Ibrani 1:3)
2. Yesus adalah Tuhan ( Roma 10:9)
3. Yesus adalah anak Allah ( Kisah rasul 9:20)
4. Yesus adalah Kristus/Mesias/Juruselamat Kisah rasul 9:22 )
5. Paulus membatalkan Hukum Taurat ( Efesus 2:5)
6. Paulus meniadakan sunat (Galatia 5:2 )
7. Paulus mengajarkan bahwa Tuhan tidak Esa ( dua ) (1Korintus 8:6 )
8. Paulus mengajarkan ajarannya keluar dari bangsa Israel (Kisah Rasul 18:6)

Jadi Kristen adalah panggilan terhadap orang yang percaya bahwa Yesus adalah Kristus yang diajarkan oleh Paulus. Pada awalnya Paulus membentuk sekte Nasrani, kemudian mengajarkan bahwa Yesus adalah Kristus.

Kisah rasul 24:5 Telah nyata kepada kami, bahwa orang ini ( Paulus ) adalah penyakit sampar, seorang yang menimbulkan kekacauan di antara semua orang Yahudi di seluruh dunia yang beradab, dan bahwa ia adalah seorang tokoh dari sekte orang Nasrani.

Kisah rasul 9:22 Akan tetapi Saulus ( Paulus ) semakin besar pengaruhnya dan ia membingungkan orang-orang Yahudi yang tinggal di Damsyik, karena ia membuktikan, bahwa Yesus adalah Mesias ( Kristus).

Bagaimana pandangan Paulus terhadap Yesus ?
- Paulus mengatakan Yesus adalah Allah ( Roma 9:5)
- Paulus mengatakan Yesus adalah Tuhan ( Roma 10:9)
- Paulus mengatakan Yesus adalah anak Allah ( Kisah rasul 9:20)
- Paulus mengatakan Yesus adalah anak domba ( 1Korintus 5:7)
- Paulus mengatakan Yesus adalah persembahan yang harum bagi Tuhan
(Efesus 5:2 )


Dari perkataan Paulus diatas Paulus memulyakan Yesus atau menghina Yesus ?
Paulus menghina Yesus, merendahkan martabatnya.

Dimana orang yang pertama kali disebut Kristen ?

Orang yang pertama kali disebut Kristen adalah pengikut Paulus di Antiokia.

Kisah rasul 11:26 Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.

Ulasan
Ajaran Kristen yang dibuat Paulus sangat bertentangan dengan ajaran Yesus. Sesungguhnya Paulus tidak mengenal Yesus secara historis. Bagi Paulus Yesus hanyalah suatu lambang yang kebetulan dari Tuhan yang menebus dosa dunia. Bagi Paulus Yesus hanyalah suatu ide bukan suatu kenyataan.

Yesus sebagai tokoh yang di-Kristus-kan Paulus hanyalah satu tokoh simbolis, bukan tokoh sesungguhnya. Paulus sebenarnya menghilangkan Yesus secara historis. Pauluslah yang mengatakan bahwa dosa-dosa manusia yang percaya telah dicuci bersih dengan pengorba-nan darah Yesus.

Semuanya dilakukan Paulus untuk mengangkat Yesus menjadi pemenang dalam lakon sandiwara dewa-dewa yang dipuja di sekitar Mediterania pada masa itu. Paulus mengenal Yesus hanya dari desas desus dan jarang sekali menyebut tentang kehidupan Yesus sebagai manusia didalam surat-suratnya. Dengan memitoskan Yesus menjadi Kristus anak Tuhan, Paulus sudah menyamakan Yesus dengan tuhan-tuhan mitologis yang dipuja di sekitar wilayah Mediterania.

Bagaimana pengertian agama Kristen menurut buku-buku Kristen ?
Pengertian agama Kristen dalam buku-buku Kristen

*. Agama Kristen bukan ajaran atau cara hidup tertentu, tetapi keperca-yaan.

Dalam buku " Materi Pokok Agama Katolik " karangan Dra. Damascena Ari Suharso CB ( Karunika Jakarta 1985) hal 42 menyebutkan bahwa:

1. Nama Kristen tidak berasal dari Kristen sendiri, melainkan diberikan dari orang luar yaitu penguasa Romawi pada waktu itu.
2. Nama Kristen dipakai untuk mengejek orang-orang yang dipandang sebagai seorang budak yang sangat tidak terhormat.
3. Kristen sebagai penganut ajaran Kristus yang dipandang sebagai agama rahasia atau agama gaib dan kalau dibedakan dengan agama Yahudi sebagai agama resmi waktu itu Kristen dianggap sebagai agama liar karena tidak mendapat perlindungan dari negara.
4. Kristen mengandung arti politik sebagai gerakan mesias. Dalam Kisah rasul 24:5 orang Kristen disebut penganut sekte Nasrani.
5. Kristen bukan agama dalam arti ajaran atau cara hidup tertentu, melainkan sebagai ungkapan dari percaya akan Yesus Kristus. Maka lebih baik dari pada kata " agama " diganti dengan kata " gereja", yang berarti kumpulan orang-orang yang percaya. ( hal 47 ).


*. Agama Kristen yang sesungguhnya tidak berpusat pada hukum dan peraturan.

Didalam buku Introduksi Perjanjian Baru karangan Pdt. Ola tulluan Ph. D, Dept. Literatur YPPII Malang, hal 73 mengatakan : "Agama Kristen yang sesungguhnya tidak berpusat pada hukum dan peraturan. ".


*. Agama Kristen tidak terikat dengan aturan dan hukum manapun

Didalam buku Berbagai Aliran didalam Gereja karangan Pendeta Dr. Jan. Aritonang penerbit BPK tahun 2003 hal 31 mengatakan :

" Seorang Kristen pada hakekatnya bebas dari hukum atau Taurat manapun, dan tidak terikat pada peraturan yang dikeluarkan oleh siapapun, biar paus sekalipun, sebab ia sudah memiliki kebenaran Kristus dan tidak lagi membutuhkan perbuata-perbuatan amal ".


*. Agama Kristen bukan ajaran Yesus

Didalam buku Panggilan Kristen karangan DR. C. Groenen Ofm, Penerbit Kanisius, hal 12 mengetaha:

" Jadi yang diajarkan ( dalam agama Kristen ) bukanlah ajaran Yesus, bukan karyanya dahulu, bukan sengsaranya, melainkan kedudukannya sekarang Yesus dari Nazaret yang dibunuh itu kini menjabat Kristus dan Kirios".

" Agama Kristen bukannya agama Kitab, melainkan agama yang berpusatkan diri Yesus Kristus sebagai Penyelamat manusia yang tetap berkarya ".

Ulasan
Masih banyak kalangan umat Islam yang mempercayai bahwa Nasrani dengan Kristen adalah sama, dan agama Kristen adalah agama samawi. Hal ini mereka berpegang pada Kamus Umum Bahasa Indonesia Karangan WJS Poerwodarminto yang beragama Katolik yang mengatakan Agama Kristen adalah agama yang diajarkan Nabi Isa as. Maka dengan uraian diatas jelas bahwa agama Kristen bukanlah agama yang diajarkan nabi Isa as tetapi agama kepercayaan yang diciptakan oleh Paulus.

Apakah agama Kristen agama wahyu Tuhan ?
Bukan. Kalau melihat dari cerita tentang penyaliban Yesus, doktrin Kristen, perayaan-perayaan, ritus-ritus, dan perlambangan gereja, cukup membuktikan bahwa Kristen bukanlah suatu agama yang berlandaskan wahyu Tuhan yang tidak dapat diubah, tetapi kelanjutan dari pemujaan berhala dari manusia primitif.

Pemujaan apa yang lebih dominan mempengaruhi kepercayaan Kristen ?
Agama Pagan yaitu agama yang memuja matahari yang sangat popular dan muncul dalam kepercayaan Kristen. Perayaan Natal dan Paskah disesuaikan dengan peryaan pergantian musim dan pergantian siang dan malam menjadi hari kegembiraan dan pesta yang meriah. Waktu itu matahari mulai bergeser dan pergeserannya mencapai titik terjauh pada musim dingin. Setelah cahaya dan panasnya mulai meningkat naik ke horizon seolah-olah manusia lahir kembali. Hari Minggu merupakan hari kelahiran Matahari atau Sun Day dan sebagai hari libur bagi umat Kristen untuk menghormati Dewa Matahari.

Dewa-dewa apa saja yang mempengaruhi kepercayaan Kristen ?
Yesus mulai popular dikerajaan Romawi bertepatan dengan penyembahan matahari secara universal. Banyak Negara di Timur Tengah waktu itu memuja dewa matahari walaupun dewa matahari mereka berbeda-beda. Seperti dinengara-negara Mediterania adalah dewa Attis dari Phrygia, Dewa Adonis dari Syiria, Dewa Dionysius atau Bacchus dari Yunani, dewa Bel atau Baal dari Babilonia, Osiris dan Horus dari Mesir, Mithra dari Persia.

a. Dewa Attis lahir dari seorang perawan bernama Nana dan dinggap sebagai putra tuhan. Mengorbankan nyawanya untuk mati dan darahnya membawa kehidupan baru.

b. Adinis atau Tammuz lahir dari seorang perawa sebagai juruselamat.Menjalani kematian untuk pewmbebasan manusia, kemudian bangkit dimusim semi.

c. Dionysius atau Bacchus Putra tuhan Yupiter lahir dari seorang perawan pada tanggal 25 Desember. Seorang penebus dosa, pembebas dan penyelamat.

d. Bel atau Baal tuhan matahari rakyat Babilonia. Orang-orang Yahudi telah melampaui masa yang panjang dalam pembuangan di Babilonia selama pemerintahan Nebukadnesar sehingga orang-orang Yahudi begitu dekat kenal dengan dewa Baal.

e. Osiris lahir dari seorang perawan, oleh orang Mesir disebut Perawan Dunia. Dia dibunuh dan dikubur, tetapi dalam tiga hari tiga malam bangkit dari kematiannya.

f. Mithra dilahirkan dari perawan tanggal 25 Desember. Memiliki tujuh sakramen diantaranya, pembaptisan, konfirmasi, makan malam, dll.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar